Tidak Ada Tujuan dalam Digital Marketing = FAIL!

Menentukan tujuan yang tepat sangat penting supaya kita dapat menyusun strategi dalam melakukan digital marketing. Tujuan umum dalam aktivitas digital marketing adalah mengarahkan target marketdari berbagai channel digital marketing yang kita buat ke produk/jasa yang kita miliki. Harapannya dengan melakukan digital marketing kita akan dapat ditemukan oleh prospek bisnis yang membutuhkan produk/jasa kita dengan berbagai cara yang mungkin digunakan prospek tersebut.

Tujuan penting untuk dituliskan dan dipahami bersama oleh seluruh organisasi bisnis secara umum maupun tim digital marketing. Bayangkan jika setiap orang tidak tau tujuan yang harus dicapai dan masing-masing orang dalam tim memiliki tujuan sendiri, tujuan dari tim/perusahaan tentu tidak mungkin dicapai. Sehingga penting untuk menuliskan tujuan dan menginformasikannya dengan tim.

 

Berikut ini aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tujuan dalam digital marketing :

  1. Kesadaran industri terhadap keberadaan produk/jasa/perusahaan kita


    Dengan sadarnya industri yang terkait dengan bisnis yang kita geluti terhadap produk/jasa/perusahaan kita, bisa menghasilkan penyebaran informasi oleh media dan orang-orang yang terlibat di industri tersebut sehingga membuat produk/jasa/perusahaan kita menjadi dikenal. Hal ini penting karena kita tidak mungkin mencapainya dengan bergerak sendirian mempromosikan usaha kita terus menerus.

  2. Kesadaran target market


    Hal mendasar dalam mempromosikan produk kita adalah kita ingin produk/jasa/perusahaan kita disadari keberadaannya oleh target market kita. Kalau target market tidak sadar akan keberadaan kita, tentunya akan sangat sulit menghasilkan penghasilan.

  3. Traffic


    Berapa banyak orang yang kita inginkan yang menyadari keberadaan kita? Menentukan jumlah trafik prospek yang ditargetkan datang ke website/sosial media milik kita akan sangat penting untuk mengukur capaian dari digital marketing yang kita lakukan.

  4. Capaian target keyword


    Keyword apa saja yang ingin kita kuasai dalam pencarian di search engine? Keyword tersebut ditargetkan akan selalu keluar di halaman pertama pencarian search engine seperti google, yahoo. dll.

  5. Lead konsumen


    Dari banyaknya kunjungan ke website/blog/profil kita, berapa banyak target prospektif yang kita telah kita targetkan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa kita sehingga memberikan informasi kontak mereka ke kita?

  6. Penjualan


    Target akhir dari usaha digital marketing tentu adalah mengkonversi prospek bisnis menjadi pembeli sehingga mendatangkan transaksi bagi usaha kita.

Saya ambil contoh apabila kita ingin melakukan digital marketing untuk menjual sebuah apartemen di kota Bandung. Tujuan-tujuan yang bisa kita tetapkan seperti berikut ini :

  • Membuat apartemen yang dipromosikan muncul pada halaman pertama Google dengan keyword pencarian : apartemen bandung, beli apartemen
  • Membuat website dengan konten terkait keyword-keyword tersebut.
  • Membuat linkedin dan facebook page untuk perusahaan dengan link-link yang mengarahkan pengunjung ke website apartemen yang dipasarkan
  • Menghasilkan 60 konsumen prospektif per bulan
  • Meningkatkan jumlah unit terjual  sebesar menjadi 80% dalam 6 bulan.

Sekarang saatnya kamu untuk mencoba menentukan tujuan digital marketing yang kamu lakukan! Tuliskan tujuan kamu di komentar dan kita diskusikan bersama-sama.

1

No Comments Yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*